Senin, 31 Desember 2012

penyiapan lokasi peledakan



sbagai conto, dibagian peledakan.


PENYIAPAN LOKASI PELEDAKAN


2.1      Penyediaan Jalan Masuk
Pada umumnya sumber bat diketemukan di daerah pedalaman yang biasanya agak jauh dari jaringan jalan yang membutuhkan batu. Tetapi bilamana kebetulan ada yang dekat dengan jaringan jalan adalah suatu keuntungan.
Dalam perencanaan pembuatan jalan masuk dari jaringan jalan atau dari pusat mendistribusikank batu ke tempat sumber batu perlu suatu pertimbangan yang cukup ekonomis dan aman, yaitu :
·         Cukup datar / kurang tanjakan
·         Sedikit jurang
·         Cukup keras bila perlu dengan perkerasan
·         Sependek mungkin
·         Tidak melintasi daerah ramai
Bagi para karyawan Bina Marga, kiranya tak ada masalah atau tak ada kesukaran lagi untuk perencanaan jalan masuk yang cukup ekonomis dan aman.

2.2      Pembersihan Permukaan
Dalam melakukan pembersihan, pemotongan pohon-pohon, maupun penggalian tanah, batu yang berserakan dari dapat dilakukan sebagai berikut. Bilamana tertutup dengan tanah atau batu-batu yang berserakan, maka lebih dahulu batu itu disingkirkan atau dikumpulkan. Selanjutnya bila perlu batu yang berserakan ini dapat dipergunakan untuk perkerasan jalan masuk. Dan bilamana sumber batu tertutup tanah, bisa diadakan pengupasan tanah tersebut. Jika ada bulldozer adalah suatu alat yang tepat untuk pengupasan tanah. Kupasan tanah ini bisa dipergunakan untuk pengurukan dan meratakan permukaan lapangan untuk tempat pembuatan timbunan bahan mentah. Jika pengambilan batu perlu mengadakan penggalian, maka kupasan itu ditibun pada tempat tertentu untuk pengurukan kembali penggalian yang telah selesai diambil batunya.

2.3      Pembuatan Site Plan
Didalam pembentukan daerah penimbunan ini adalah menyangkut penyediaan tempat guna pembuatan timbunan bahan, yaitu :
-       Tempat untuk pembuatan timbunan bahan mentah sebelum diangkut untuk diproses lebih lanjut.
-       Tempat untuk pembuatam timbunan bahan-bahan yang tidak terpakai atau memerlukan pengerjaan lebih lanjut sebelum diproses menjadi batiuan yang dapat dipergunakan untuk pekerjaan.
-       Tempat untuk pembuatan timbunan bahan-bahan yang sedang diproses dan menunggu pengangkutan lebih lanjut, misalnya bahan-bahan itu sedang atau telah diproses dalam pemecahan, penyaringan maupun pencucian.

2.4      Penyediaan Fasilitas Utilitas
Dalam pembangunan sumber batu biasanya membutuhkan :
-       Sumber arus listrik
-       Sumber tekanan udara
-       Sumber air
Dimana :
-       Aliran listrik bias dipersiapkan untuk penerangan tenaga penggerak peralatan yang dioperasikan.
-       Udara biasanya dipersiapkan untuk menggerakkan atau pengoperasian peralatan pengeboran (drilling) yang memerlukan compressor udara.
-       Dan air dipersiapkan untuk mengadakan pencucian bahan-bahan yang kotor.
-       Bisa juga dipersiapkan untuk penyiraman daerah sumber batu, karena kemungkinan banyak debu-debu yang bertaburan atau untuk penyiraman lubang pengeboran.
Tentu saja untuk memenuhi kebutuhan seperti diatas perlu diusahakan dan disediakan :
-       Mesin diesel dan generator (bilamana tidak ada sumber tenaga listrik lainnya).
-       Compressor udara
-       Unit pompa air (bilamana tidak ada sumber air yang bias langsung dipergunakan yaitu misalnyua air ledeng, sungai dan lain-lainnya).

2.5      Tindakan Pengamanan
Usaha penambangan batu biasanya cukup menarik perhatian dan kebanyakan orang tidak dapat menahan nafsu untuk melihat dari dekat batu-batu yang berhamburan akibat dari suatu ledakan. Maka dengan itu semua jalan masuk umum ke quarry harus dipagar, dberi pintu gerbang dan diberi rumah jaga. Ini adalah fasilitas utama yang perlu dilaksanakan demi keselamatan.
Fasilitas lain untuk menjaga keamanan dan keselamatan adalah :
-       Alat sirine untuk dibunyikan setiap kali persiapan peledakan maupun akan dimulainya peledakan.
-       Tanda-tanda lalu lintas untuk menunjukkan bahan dalam quarry akan diadakan peledakan
-       Serta tanda-tanda lalu lintas yang jelas dan tepat peringatan para sopir-sopir pengangkut bahan. Karena biasanya sopir-sopir cukup berani mengemudikan kendaraannya sehingga kurang memperhatikan keselamatan lain pihak.

2.6      Drainase (pengeringan)
Sumber batu yang cukup baik adalah bilamana selalu gampang serta aman dimasuki segala peralatan yang diperlukan dalam segala musim yang ada, yaitu :
-       Bilamana diumusim hujan tidak becek, tidak licin dan tidak ambles bila dilalui peralatan / kendaraan.
-       Untuk mencapai sumber batu yang demikian itu maka perlu sekali dibuat saluran-saluran pengeringan yang lancer dan dibuat tanggul-tanggul untuk menghalangi masuknya air dari tempat lain ke dalam sumber batu.

by. Afrisal Syamsu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar